BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian dan Latar Belakang
  1. Pengertian
Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional, yang memadukan Sistematika dan Sinckronisasi antara program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung di Dunia Usaha dan Dunia Industri dengan Dunia Pendidikan.
  1. Latar Belakang
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) sebagai perwujudan dari kebijaksaan “Link and Match” yang prosesnya dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Sekolah dan di Dunia Usaha atau dunia Industri (DU/DI). Upaya ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mencapai tujuan relevansi pendidikan dengan tuntutan indutri. Harapan utama dalam pelaksanaan Prakerin di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) ini disamping keahlian profesional siswa meningkat sesuai dengan kebutuhan DU/DI, siswa juga akan memiliki etos kerja yang meliputi, kemampuan kerja, motivasi kerja, disiplin waktu dan kerajinan dalam bekerja.
                                                                              


B. Tujuan PRAKERIN
Tujuan Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) antara lain :
a.       Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional yaitu tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
b.      Memperoleh “Link and Match” antara sekolah dan DU/DI.
c.       Meningkatkan efesiansi pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas atau profesional.
d.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

C. Waktu dan Tempat PRAKERIN
Waktu pelaksanaan Prakerin pada DU/DI adalah selama 2  bulan dilaksanakan pada semester genap dikelas XI  tanggal 1 Januaris/d 29 Februari 2012. Bertempat di Jetcom Computindo Jl. KH Samanhudi No.102 C Sondakan Solo.


BAB II
ISI
JUDUL I
“PENGKABELAN JARINGAN UTP”
A.    Landasan Teori

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair ) merupakan salah satu jenis kabel yang palingbanyak digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer (komputer, hub,switch, router). Kabel ini berisi empat pasang (pair) kabel yang tiap pair-nya dipilin (twisted) atau disusun spiral atau saling berlilitan .

Keempat pasang kabel (delapan kabel)yang menjadi isi kabel berupa kabel tembaga tunggal yang berisolator . Kabel ini tidakdilengkapi dengan pelindung (unshilded) sehingga kurang tahan terhadap interferensielektromagnetik. Yang dimaksud dengan kabel UTP adalah hanya kabelnya, sedangkankepala kabelnya adalah 8 position modular connectors (8P8C) yang biasa disebut RJ-45 (RJ=register jack).

Tujuan dari mengrimping kabel adalah untuk saling menyalurkan Jaringan Internet ke Jaringan lain, atau antar Komputer dan Komputer atau Komputer ke Switch dan mengkrimping kabel UTP itu sangan di butuhkan ketelitian dan kesabaran dalam mengkrimping kabel UTP,karena di dalam kabel UTP itu di dalamnya ada 8 kabel kecil dan berwarna,kalau kita tidak teliti mengkrimping kabel UTP atau tidak sesuai urutan krimpinganya maka jaringan internet tidak bisa saling menyalurkan,maka dari itu kita harus hafal,mengerti,teliti dengan urutan kabel UTP yang mau kita krimping.

B.     Alat dan Bahan

1.      Kabel UTP
2.      Konnector RJ-45
3.      Tang Crimping
4.      LAN Tester

C.    Gambar Kerja
          
                 
D.    Proses Pengerjaan
1.      Untuk memulai kegiatan pengkabelan ini yang pertama harus dilakukan yaitu mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.
2.      Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira panjangnya 2 cm
Gambar 1.1 kabel setelah dikupas
 

3.      Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai dengan jenis kabel yang dibutuhkan misalnya STRAIGHT
4.      Urutan kabel straight adalah Orange Putih – orange – Hijau Putih – Biru – Biru Putih – hijau – coklat Putih – Coklat.







Gambar 1.2 Rangkaian kabel straight

5.      Setelah kabel diurutkan dan dirapikan kemudian masukkan pada konnector RJ-45







Gambar 1.3 Ujung Kabel dimasukkan ke RJ-45
6.      Kemudian Lakukan crimping menggunakan tang crimping , tekan tang crimping dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain.
Gambar 1.4 Pengkrimpingan kabel yang benar dan yang salah

7.      Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing - masing port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
8.      Kalau lampu LED yang ada pada LAN Tester menyala semua dari nomor 1 sampai 8 berarti telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pingnya belum tembus. Kalau sudah dilakukan tetapi masih tidak bisa nyambung berarti bisa harus memeriksa korespondensinya antar pin sudah 1-1 atau belum.
9.      Setelah berhasih, kabel siap digunakan dan jangan lupa untuk merapikan alat dan bahan yang tersisa ke tempatnya semula.






E.     Hasil Pengerjaan

Setelah melaksanakan berbagai awalan untuk menjalankan pengkabelan jaringan tersebut pada akhirnya kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tanpa ada hambatan tetapi yang tetap harus diperhatikan dalam pengerjaannya agar tidak mengalami kegagalan dalam pemasangan kabel UTP ke konnector RJ-45 yaitu :
1.      Pengurutan warna pada saat perakitan
2.      Kerataan ujung kabel pada saat pemotongan kabel
3.      Pengkuncian konnector UTP


JUDUL II
“INSTALASI SISTEM OPERASI”
(WINDOWS 7)
A.    Landasan Teori
“Troubleshooting” dapat diartikan sebagai timbulnya masalah dalam computer yang tentunya ada penyebabnya. Pengertian troubleshooting dalam dunia computer adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah dikomputer.
Sebagai pengguna atau pemakai computer tentunya kita juga pernah mengalami suatu masalah. Hal tersebut dapat diakibatkan adanya ketidaksesuaian dari komponen dasar computer itu sendiri, yang biasanya berkaitan dengan software (perangkat lunak/aplikasi), hardware (perangkat keras) dan juga brainware (si pemakai komputer).
B.     Alat dan Bahan
1.      CPU
2.      Monitor
3.      Mouse
4.      Keyboard
5.      CD Master Windows 7

C.    Gambar Kerja
Monitor “Samsung”
CD Master Win 7
CPU Ersys
Keyboard & Mouse
 





D.    Proses Pengerjaan
Langkah – langkah menginstall Windows 7 adalah sebagai berikut :
1.      Pertama, Pastikan dari BIOS booting komputer Anda di setting untuk DVD
2.      Kemudian, Masukkan DVD windows 7
3.      Tekan sembarang tombol ketika muncul “Press any key to boot from cd or dvd….”
Gambar 2.1 pesan “press any key to boot from cd or dvd ….”
4.      Akan terlihat gambar seperti dibawah ini
Gambar 2.2 starting windows
5.      Pilihlah Indonesian pada Language, time, currency, and location
Gambar 2.3 memilih bahasa yang akan digunakan kemudian klik next
6.      Tekan tombol install “now”
Gambar 2.4 awal penginstallan
7.      Tunggulah beberapa saat proses ini
Gambar 2.5 “Setup is starting”
8.      Beri tanda centang pada “I accept the license terms” sebagai persetujuan penggunaan windows 7 kemudian klik next          
Gambar 2.6  pilih “I accept…” dan next

9.      Pilih saja “custom (advanced)” untuk memilih di drive mana windows 7 akan di install
Gambar 2.7 pilih saja “Custom”

10.  Anda bisa mengatur drive sekaligus partisi pada step ini, saya sarankan bagilah hardisk Anda minimal 2 drive, satu untuk drive untuk windows 7 (C) dan satu drive untuk data (D) dengan memilih drive option, atau langsung saja tekan next dengan asumsi Anda akan mempartisi hardisk setelah instalasi windows 7 selesai.
Gambar 2.8 Pembagian Disk

11.  Tunggulah proses ini beberapa saat
Gambar 2.9 Proses Install
Gambar 2.10 Akhir Proses Install

12.  Secara otomatis windows akan restart
Gambar 2.11 Restart Windows
13. 
Gambar 2.12 Setup Update
Setelah restart akan muncul gambar berikut ini:

14.  Tunggulah proses “Setting up the services” hanya beberapa saat saja
Gambar 2.13 “Setup is starting service”

15.  Instalasi akan dilanjutkan secara otomatis
Gambar 2.14 Lanjutan Proses Install Windows
16.  Masukkan Nama User dan Nama Komputer sesuka Anda
Gambar 2.15 Beri  nama windows

17.  Jika perlu password ketikkan passtwordnya 2 kali atau kosongkan saja jika Anda tidak ingin mempassword user Anda
Gambar 2.16  Beri Passsword pada Windows
18.  Masukkan product key serial number windows 7 Anda
Gambar 2.17 Isi Produck Key yang Tepat
19. 
Gambar 2.18 Pilih saja “Ask Me Later “
Pilihlah level proteksi keamanan dari Microsoft

20.  Atur Zona waktu Anda (untuk Indonesia +7 dari GMT)
Gambar 2.19 Tentukan waktunya

21.  Selamat, windows 7 Anda siap digunakan
Gambar 2.20 Windows jadi
Demikianlah langkah – langkah menginstall Windows 7, selanjutnya anda dapat menginstall driver-driver yang kurang dan dapat juga menambahkan aplikasi – aplikasi yang anda butuhkan.
E.     Hasil Pekerjaan
Pada saat menginstall Windows 7, kita harus memilih DVD terbaik agar selama melakukan penginstalan tidak mengalami gangguan karena DVD yang kita gunakan itu corrupt.
Dan pada saat itu juga anda harus mengetahui Serial Number yang sesuai Windows yang digunakan.
JUDUL III
“INSTALASI PROGRAM APLIKASI”
(Ms. Office 2007)
A.    Landasan Teori
Microsoft Office adalah sebutan untuk paket applikasi perkantoran buatan. Microsoft dirancang untuk dijalankan dibawah system operasi Microsoft Windows dan Mac OS CX. Versi terbaru dari applikasi ini adalah Ms. Office 2010.  Ms. Office ini hampir sama dengan versi Ms. Office 2007, bedanya cuma terletak pada beberapa vitur yang lebih menarik dan tampilan warna yang lebih cantik.  Perbedaan yang paling menonjol diantara keduan versi tersebut bias dilihat dari segi penampilan,layout dan tata letak dari menu.
Karena binggung dengan vitur yang ada pada Ms. Office 2010 kebanyakan orang lebih memilih menggunakan Ms. Office 2010 dan ada juga yang masih menggunakan Ms. Offfice 2003.
Tetapi nyatanya menginstall software versi lama seperti Ms. Office 2003 bukan merupakan solusi terbaik, karena mengingat anda sering bertukar file dengan orang lain yang menggunakan Ms. Office 2007. Bisa dipastikan file tersebut tidak akan bisa terbaca karena anda masih menggunakan Ms. Office 2003.

B.     Alat dan Bahan
1.      Keyboard
2.      Mouse
3.      Monitor
4.      CPU
5.      CD Master Ms. Office 2007

C.    Gambar Kerja
Monitor Samsung
CPU ERSYS
DVD Master Ms Office 2007
Mouse
Keyboard
 






D.    Proses Pengerjaan
Cara menginstall program aplikasi Microsoft Office 2007 adalah sebagai berikut :
1.      Masukkanlah CD Master Microsoft Office 2007 pada CD/DVD ROM
2.      Kemudian masuklah ke Explorer (Ctrl-E) dan Kliklah Icon CD/DVD ROM, setelah itu klik icon setup.
Gambar 3.1 Setup Ms Office 2007
 

3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Gambar 3.2 Masukkan Serial Numbernya


3.      Kemudian masukkan Product Key seperti yang terdapat pada CD Master Ms Office 2007 Anda dan klik tombol “continue” yang berada dipojok kanan bawah.
Gambar 3.3 Klik ”Continue”
5. Selanjutnya Pilih Install Now (Menginstal semua paket aplikasi Ms Office 2007) atau Custumize (Memilih salah satu dari paket aplikasi pada Ms Office 2007).
Gambar 3.4 Awal Proses Install

6. Kemudian Proses Installasi di mulai. Tunggulah beberapa menit untuk proses installasi ini.
Gambar 3.5 Menunggu Proses Install selesai

7. Proses Installasi selesai.
Gambar 3.6 Instalasi telah selesai
8. Klik Close untuk menyelesaikan proses installasi.
E.     Hasil Pekerjaan
Microsoft sudah banyak mengeluarkan versi versinya. Dan masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Ms Office 2007.



BAB III
PENUTUP
A.     KESIMPULAN
Keberhasilan adalah kesimpulan yang diinginkan oleh para pembuat suatu laporan yang akan dikumpulakan. Maka dari itu kesimpulan yang dapat dalam membuat Laporan Prakerin ini dengan judul “Pengkabelan jaringan UTP dan Instalasi SO” adalah  berhasil dengan sukses dikarena kesabaran dan ketelitian. Maka dari itu saya berharap kesabaran dan ketelitian juga kedisiplina adalah kunci menuju sukses.
Semoga penyusunan dan penulisan laporan kegiatan PRAKERIN ini bermanfaat dan berguna bagi siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan terkhusus bagi penulis sendiri.
B.     SARAN
Saran saya dalam pelaksanaan prakerin :
a.       Supaya diadakan ekstrakulikuler mata pelajaran produktif untuk menambah motivasi siswa dalam prakrin.
b.      Bagi siswa yang tidak membawa Laptop saat pelajaran produktif, sebaiknya dipinjami dari pihak sekolah.
Saya harap dalam prakerin tahun depan agar di rencanakan secara matang dan agar lebih baik lagi dari tahun ini. Saya berharap panitia Prakerin agar bekerja lebih profesional lagi.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Poskan Komentar