Membuat lagu bagiku kayak curhat. Makanya hampir semua laguku diambil dari pengalaman hidup.

Termasuk lagu ‘Cinta Berkawan’, lagu edcoustic yang ada dialbum pertama, Masa Muda. Lagu ini aku buat sekira tahun 2001an, waktu jaman kuliah.

Suatu minggu pagi aku bersama tiga orang sahabatku, Eggie, Fahmi dan Tomo, jalan-jalan menyusuri rawa di daerah Rancaekek, Bandung. Kami jalan kaki berkilo-kilo meter dari rumah, menjajal area yang belum pernah dikunjungi.

Rancaekek adalah daerah pinggiran ditimur Bandung. Meski terkenal dengan banjirnya, daerah ini memiliki padang sawah yang luas dan cantik. Disebut Rancaekek karena desa ini awalnya hanya sebuah rawa (ranca) yang dipenuhi burung ekek. Pantaslah kalo sering banjir, karena memang basicly ia daerah rawa.


Aku dan teman-teman baru tahu ternyata dipedalaman desa-desanya masih ada rawa yang dipenuhi air sepanjang tahun. Kami menyusuri rawa ini dengan sampan yang disewa penduduk sekitar. Ternyata rawa ini mengantarkan kita pada batas jalan tol Padaleunyi. Luar biasa.

Turun dari sampan, kami menyebrangi tol lewat jembatan penyebrangan. Dijembatan itu aku dan lainnya menikmati pemandangan lain. Mobil-mobil berseliweran, dari bus butut sampe sedan mewah. Masih ingatkah adegan lomba membuang ludah kate & jack di Titanic? Nah itu juga yang kami lakukan dijembatan ini. Empat manusia konyol berlomba-lomba membuang ludah sejauh yang dia mampu. Tak peduli ludahnya akan mengenai mobil atau tidak.

Puas meludah sembarangan, kami tak kuat lagi pulang dengan jalan yang sama. Disebrang jalan tol sana tampak stasiun kereta api kecil. Kami akhirnya menaiki kereta ekonomi dari stasiun kecil itu menuju stasiun kecil lainnya, yakni Rancaekek.

Kebersamaan yang tak pernah terlupakan. Dan sampai saat ini aku belum pernah lagi mengunjungi rawa itu. Aku mengabadikan kenangan pagi itu dalam sebuah lagu. Cinta Berkawan. Lagu itu aku buat malam harinya. Aku ingin mereka tahu bahwa persahabatan kami melampaui apapun.

Sampai saat ini kenangan itu masih membekas dalam ingatanku. Seperti halnya persahabatan kami yang terus terjaga hingga kini. 10 tahun kemudian. Cinta Berkawan memang jujur dari dalam hatiku. Betapa indahnya persahabatan karena sehati.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar